Tips Aman Kredit Rumah

Rumah menjadi idaman bagi setiap orang. Banyak pilihan cara untuk membeli rumah. Salah satunya dengan cara kredit. Selain itu, proses pembeliannya bisa dilakukan di developer. Hal itu tentu menjadi pilihan bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah padat perkotaan. Tentu saja, jumlah lahan dan properti yang ada makin sedikit serta sempit dan permintaan akan rumah pun semakin tinggi per tahunnya. 

Cari Rumah Strategis di Cimanggis? Yuk Tengok http://permatacimanggis.co.id

Inilah yang kemudian menjadi penyebab utama, masyarakat memilih memakai developer ketika akan membeli rumah. Dibandingkan membangun sendiri, membeli rumah dari developer dengan cara kredit jauh lebih mudah dan praktis, paling tidak ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, seperti. 

Proses yang mudah serta simpel

Ketika anda tidak ingin repot dengan urusan mencari lahan dan membangunnya, maka dengan membeli rumah secara kredit ini anda bisa menghemat tenaga dan juga waktu. Anda bisa memilih kawasan yang layak. Karena di lingkungan perumahan tentu di dalamnya sudah tersedia berbagai fasilitas publik yang memadai, contohnya, listrik, jalan raya, maupun air bersih. 

Anda juga bisa mengikuti program kredit rumah seperti KPR. Karena sebagian besar developer pasti bekerja sama dengan bank untuk pembiayaan pembangunan yang dilakukan. Terutama bagi anda yang belum memiliki kemampuan membeli secara tunai tentu lebih efektif dan efisien. Meski demikian, anda juga harus paham pula mengenai resiko yang bisa terjadi ketika membeli rumah secara kredit. Karena banyak kasus nasabah-nasabah yang telah tertipu oleh developer yang tak bertanggungjawab. 

Maka dari itu, anda bisa menyimak tips-tips berikut agar kredit rumah yang anda lakukan aman dan tidak terjadi masalah apapun. 

  1. Mempertimbangkan seperti apa reputasi dari developer 

Ketika anda berkeinginan untuk membeli rumah secara kredit, pastikan jangan terlalu buru-buru untuk memilih developernya. Karena hal itu bisa saja menimbulkan banyak kerugian. Resiko yang ada tentu akan anda tanggung sangat besar. Meski itu dilakukan secara kredit, anda tentu harus melunasi rumah itu sebelum rumah tersebut dibangun oleh developer. Jadi, anda harus pastikan betul, bagaimana reputasi dari developer serta kinerjanya bertanggung jawab atau tidak. Dengan demikian, segala hal yang berurusan dengan pembelian rumah tersebut bisa berjalan dengan lancar.

  1. Perhatikan proses penyelesaian sertifikat

Saat anda sudah melakukan pembelian rumah lewat developer secara kredit, maka sertifikat rumah tersebut masih atas nama developer itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan waktu memproses balik nama ke pemilik barunya. Hal ini penting untuk diperhatikan dari awal. Kapan sertifikat itu dibaliknamakan atas nama anda. Hal itu tentunya juga sudah tercantum di surat perjanjian jual beli, namun tetap saja anda harus tanyakan langsung ke developernya. 

  1. Jangan membayar dp sebelum KPR disetujui

Ini penting. saat anda sudah berniat membeli rumah secara kredit dengan developer, anda jangan dulu membayar uang muka ke pihak developer sebelum KPR anda disetujui. Meski developer tersebut telah bekerja sama dengan pihak bank, namun hal itu tidak menjamin KPR tersebut disetujui oleh pihak bank. Hindari membayar DP sebelum disetujui bank. Karena sudah sering terjadi DP yang telah dibayarkan namun tak disetujui KPR-nya maka DP tersebut sulit untuk kembali dan juga akan dipotong sekian persen oleh developernya.  

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda dapatkan ketika akan melakukan kredit rumah dengan developer. Pastikan anda harus lebih berhati-hati dengan memilih developer yang bereputasi baik dan menjamin keamanan dalam transaksi kredit pembelian rumah. Nah, ayo kunjungi perumahan Permata Cimanggis yang kredibel untuk dihuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *