Bagi Anda para mahasiswa/i, yang saat ini kebingungan mencari jenis bisnis yang tepat, baik untuk tambahan uang saku, atau sekedar ingin menjajal dunia bisnis. Berikut 6 tips memulai bisnis untuk mahasiswa, yang perlu diketahui dan lakukan :

Baca Juga: Indikator Loyalitas Pelanggan, Sudahkah Mereka Setia Pada Brand Anda?

1. Lakukan riset pasar dan tentukan ide bisnis

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu melakukan riset pasar. Untuk melakukan riset pasar, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yaitu kebutuhan pasar dan faktor kelangkaan barang. Jangan anggap sepele, karena hal tersebut menjadi kunci kesuksesan bisnis yang akan Anda jalankan.  

2. Tentukan target konsumen

Hal yang kedua dari 6 tips memulai bisnis untuk mahasiswa, yaitu menentukan target konsumen. Misalnya saja, apakah target konsumen Anda pria atau wanita, usia target konsumen, kelas konsumen (menengah atau ke bawah), dan yang lainnya.

Dengan mengenal target konsumen, Anda jadi lebih mudah untuk menyesuaikan produk atau layanan sesuai keinginan konsumen. Misalnya saja desain produk, harga, kualitas barang, teknik penjualan, dan yang lainnya.  

3. Buat strategi bisnis yang jelas

Jangan lupa untuk membuat strategi bisnis. Dengan strategi bisnis, Anda jadi mudah untuk menentukan tujuan bisnis, mengelola, sumber daya yang ada, melakukan evaluasi kemajuan bisnis, dan yang lainnya.

4. Fokus pada kepuasan konsumen

Perhatikan juga kepuasan dari konsumen. Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya Setelah Anda mengetahui target konsumen. Maka sedikit banyak, Anda mengetahui karakter dari konsumen tersebut.

Kaji lebih dalam, bagaimana cara memuaskan konsumen, dengan karakter atau sesuai dengan target konsumen tersebut. Karena jika para konsumen merasa puas. Secara otomatis konsumen akan betah berbelanja, dan menjadi langganan Anda.

Tips tambahan, agar konsumen merasa lebih puas, tidak ada salahnya jika memberikan layanan loyalty program, yang disesuaikan dengan kebutuhan.  

5. Buat rencana keuangan

Selain membuat strategi bisnis, buat juga rencana keuangan. Untuk membuat rencana keuangan, sebaiknya perhatikan, biaya set-up, perkiraan laba dan rugi, perkiraan cash flow, dan jangan lupa pahami juga tentang break even point (BEP). Ini adalah kunci, agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, dan lancar.    

6. Buat produk unik

Tips yang terakhir, pastikan produk atau layanan yang Anda buat, unik. Karena keunikan ini yang menjadi pembeda, antara Anda dengan kompetitor yang lain.

Demikianlah 6 tips memulai bisnis untuk mahasiswa, yang perlu diperhatikan dengan baik. Terutama bagi Anda yang baru akan memulai bisnis. Lakukan tips di atas, dengan baik, dan konsisten. Jangan pantang menyerah, karena dalam bisnis, membutuhkan orang orang yang tangguh.     

Temukan lebih banyak informasi menarik seputar bisnis, marketing, dan loyalitas pelanggan hanya di https://www.ottopoint.id/id/home 

By Phuket