Sudahkah Pelanggan Anda Setia? Yuk, Simak Indikatornya di Sini

loyal customer
loyal customer

Setiap pengusaha tentu mengharapkan bisnisnya sukses dan berjalan lancar. Salah satu penanda penting kesuksesan suatu bisnis adalah mendapatkan omzet atau meraih angka penjualan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Agar omzet yang dihasilkan konsisten dan sesuai dengan target, pebisnis perlu memastikan bahwa mereka memiliki konsumen atau loyalitas pelanggan.

Ada beberapa indikator yang dapat menjadi acuan bagi pebisnis untuk mengetahui seorang pelanggan dikatakan setia atau tidak. Berikut ini adalah beberapa indikator kesetiaan pelanggan.

Retention

Indikator yang pertama adalah konsumen sudah memiliki pendirian atau keyakinan terhadap produk yang ia beli. Dalam suatu bisnis, setiap produk atau usaha pasti memiliki kompetitor dengan iming-iming yang lebih menarik misalnya dalam hal harga atau fitur. Kompetitor ini biasanya akan mencoba berbagai cara agar orang-orang beralih menggunakan produk mereka. Pelanggan yang mudah tergoda biasanya akan dengan mudah beralih ke produk atau brand lain.

Pada indikator retention, ketika ada kompetitor yang mempromosikan produk di pasaran atau muncul isu negatif berkaitan dengan produk yang Anda jual, pelanggan tidak akan terpengaruh. Mereka akan tetap menggunakannya karena tetap berpegang teguh pada pendiriannya. 

Trust

Sebenarnya indikator ini hampir sama dengan retention. Namun poin yang digarisbawahi di sini adalah kepercayaan akan suatu produk atau jasa. Mereka percaya bahwa produk yang Anda tawarkan adalah yang terbaik atau paling sesuai dengan kebutuhan dibandingkan produk-produk lainnya yang sejenis. 

Repeat Order/Purchase

Pelanggan yang setia sudah pasti akan melakukan repurchase atau pembelian kembali jika produk sebelumnya yang mereka gunakan sudah habis. Mereka biasanya akan otomatis melakukan repeat order karena sudah mengetahui kualitas dan memiliki pengalaman yang menyenangkan menggunakan produk tersebut.

Merekomendasikan Produk Anda ke Orang Lain

Seseorang biasanya sangat bersemangat untuk membagikan informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman mengenai pengalaman mereka ketika menggunakan suatu produk. Ketika pengalaman itu menyenangkan, mereka juga dengan senang hati dan sukarela akan mempromosikan produk Anda. Tujuannya tak lain adalah agar orang-orang di dekatnya juga memperoleh pengalaman serupa.

Demikian beberapa indikator kesetiaan pelanggan. Kira-kira apakah pelanggan Anda sudah memenuhi semua indikator tersebut? Temukan solusi loyalty program dari Ottopoint yang cocok dengan segala tipe bisnis Anda.