Pengertian dan Fungsi Payment Gateway di Indonesia

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini sangat membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari – hari. Hal ini terbukti dengan adanya payment gateway yang terbukti bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi jual beli secara mudah dan aman. Lantas, tahukah Anda mengenai apa yang dimaksud dengan payment gateway beserta fungsinya tersebut?

Pengertian payment gateway

Secara umum, payment gateway merupakan suatu metode pembayaran dalam bisnis online yang mampu melakukan transaksi pembayaran dengan kartu maupun debit secara mudah dan cepat. Dalam praktiknya, payment gateway ini mampu melakukan transaksi pembayaran dari berbagai kalangan yang ada di seluruh dunia dengan memanfaatkan internet dan aplikasi mobile. Sementara itu, pihak perantara yang biasanya memfasilitasi adanya transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli dalam payment gateway ini disediakan oleh pihak bank maupun non-bank.

Baca juga: Duitku, Payment Gateway Untuk Bisnis Anda

Bahkan, sistem keamanan pada payment gateway ini terbukti tidak perlu diragukan lagi. Sebab, payment gateway telah menggunakan sistem keamanan yang terbukti aman dan memadai. Diantaranya seperti Address Verification System (AVS), Card Security Code dan 3D Secure Password. Sehingga, data transaksi pembayaran yang dilakukan antara penjual dengan pembeli akan terhindar dari adanya tindakan kejahatan seperti hacker maupun sejenisnya. 

Fungsi payment gateway

  • Sebagai media enkripsi 

Dalam melakukan transaksi pembayaran, payment gateway berfungsi sebagai media enkripsi data dengan web browser yang tersedia. Nantinya, data transaksi akan dikirim ke dalam sistem pembayaran yang dipilih oleh konsumen.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Payment Gateway

  • Melakukan permintaan otorisasi transaksi data

Payment gateway nantinya akan menerima permintaan otorisasi dari data transaksi yang telah dikirimkan. Sehingga, pihak payment gateway dapat memutuskan mengenai sah atau tidaknya pembayaran tersebut.

  • Melanjutkan ke pesanan yang diinginkan

Payment gateway juga berfungsi untuk melanjutkan perintah ke pesanan konsumen yang diinginkan. Nantinya, pihak payment gateway akan menerima pesanan yang diinginkan konsumen untuk selanjutnya dikirim ke situs konsumen itu sendiri. Sehingga, konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dalam memproses pesanan yang diinginkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *